Tips Sewa Mobil di Jakarta

Sewa Mobil Jakarta. Liburan natal dan tahun baru sudah dihadapan mata. Seperti sudah menjadi adat kebiasaan biasanya akan terjadi lonjakan pemudik, terutama dari Kota Lakarta menuju daerah masing-masing. Tentunya banyak cara bisa dilakukan untuk bisa pulang ke kampung halaman. nah, tips berikut dikhusukan bagi Anda yang ingin menggunakan jasa Sewa Mobil di Jakarta.

Sewa Mobil di Jakarta banyak jenisnya, syarat ketentuan yang berlaku juga sangat bervariasi terutama masalah jenis mobil dan harga sewa. Perusahaan biasanya menyediakan sopir, tetapi Anda pun juga diperbolehkan menyetir sendiri alias self drive. Apabila Anda ingini menggunakan jasa Sewa Mobil atau Rent Car, hal yang perlu diperhatikan perihal sewa-menyewa Mobil di Jakarta adalah sebagai berikut:

Sesuaikan Jenis Mobil Sesuai Kebutuhan
Ketika akan memilih jenis mobil, pastikan terlebih dahulu berapa jumlah orang yang akan ikut dalam rombongan perjalanan mudik. jika dalam jumlah kecil cukup memilih jenis mobil yang relatif kecil atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV). mengantisipasi kemungkinan terjadi kemacetan lau lintas, tentunya mobil kecil akan lebih menghemat pengeluaran. Biasanya mobil ukuran kecil harga sewanya juga lebih murah. Selain itu, sesuaikan juga antara jenis mobil dengan tipe jalan yang akan dilalui

Bandingkan Harga dengan Perusahaan Sewa Mobil Lain
Banyak sekali perusahaan penyedia jasa rental car di Jakarta. Untuk memperoleh harga yang cocok, akan lebih baik jika Anda melakukan perbandingan harga ke beberapa perusahaan rental car. Ingat, jangan mudah tergiur dengan promosi harga murah tanpa mengecek fasilitas dan bagus tidaknya kondisi mobil.

Pelajari Perjanjian Sewa secara Seksama
Bila telah mendapatkan jenis mobil dan harga sewa sesuai keinginan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempelajari secara teliti perjanjian-perjanjian yang menyangkut hak dan kewajiban penyewa dari perusahaan rental car tesebut.

Tanyakan secara langsung sekiranya ada perjanjian yang janggal atau tidak anda mengerti. Hal ini untuk menghindari jebakan atau cara curang yang biasanya dilakukan oleh oknum pengusaha nakal untuk mengeruk keuntungan besar.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda tanyakan atau cek sebelum membawa mobil keluar dari perusahaan rental car.

  • Kondisi bahan bakar sebelum mobil anda gunakan dan setelah dikembalikan ke perusahaan. Karena biasanya perusahaan mensyaratkan kondisi bahan bakar di saat mobil dikembalikan harus seperti pada saat anda mengambilnya. Sebagaian besar kendaraan Mobil berbahan bakar bensin, bensin perliter sekarang adalah Rp. 4500.
  • Bagaimana jika terjadi keterlambatan pengembalian mobil. Tanyakan secara detail agar tidak kecewa nantinya.

Tanyakan Manfaat Asuransi
Biasanya perusahaan sewa mobil juga menerapkan biaya premi asuransi. Tanyakan jenis asuransi, manfaat yang diperoleh, serta cakupan perlindungan untuk siapa saja, apakah untuk anda sendiri atau juga anggota keluarga lainnya. Berapa besar uang pertanggungan yang diperoleh dan sebagainya.

Hal ini untuk mengantisipasi bila terjadi hal/resiko yang tidak kita inginkan. Bahasa dan kalimat di dalam perjanjian asuransi biasanya sukar dimengerti sehingga sering menimbulkan salah tafsir.

Cek Kondisi Fisik Mobil
Kondisi fisik mobil sangat penting, terutama dari segi kelancaran dan keselamatan. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang umurnya masih muda maksimal sekitar enam tahun. Karena mobil dengan usia tersebut masih relatif stabil dan prima. Lakukan juga pengecekan kondisi ban, dan mesin dengan menghidupkan mesin mobil. Cek juga fasilitas penunjang kenyamanan mobil seperti AC, audio dan lain-lain.

Bila lampu meredup di tengah-tengah mesin menyala berarti ada ketidakberesan di sistem kelistrikan. Hindari mobil itu karena berpotensi mogok di jalan. Begitu juga dengan mesin, bila dihidupkan dalam beberapa menit tersengal-sengal berarti mesin mobil tersebut sudah tidak sehat.

Jangan lupa, cobalah mobil terlebih dahulu dengan seizin petugas dari perusahaan untuk mengetahui stabil tidaknya saat mobil dikemudikan. Cara itu juga untuk memastikan kondisi suspensi dan kaki-kaki mobil.

Minta Nomor Telepon Rental Car
Mintalah nomor telepon perusahaan rental car yang bisa dihubungi setiap waktu untuk mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan berkaitan dengan mobil yang Anda sewa.

Itu sedikit tips sewa mobil di perusahaan rental car saat mudik lebaran. Semoga tips ini bisa membantu Anda dalam melakukan perjalanan mudik dengan nyaman, aman dan tenang.

Selain tips-tips Sewa Mobil Jakarta diatas, masih ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  1. Anda wajib memiliki dan membawa surat izin mengemudi (SIM).
  2. Sabuk pengaman Mobil mutlak dipakai dalam berkendaraan, dan berkendaraan selalu di lajur kiri dan taati peraturan lalu-lintas.
  3. Jika Anda menggunakan jasa sopir, pastikan anda meminta ditemani Driver yang mempunyaiPerformance baik.

Sumber : http://ot-indo.blogspot.com

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: