Bisnis Transportasi Nyaman Liburan dengan Mobil Rental

Sebagian besar keluarga sudah menyusun agenda liburan bagi putra- putrinya yang datang setahun sekali ini. Tak ayal, orangtua mempersiapkan jauh-jauh hari rencana ini, dari tujuan, lama liburan, anggaran yang dihabiskan, hingga akomodasi yang dibutuhkan.

Angkutan dan sarana transportasi adalah hal yang pasti dibutuhkan pelancong. Terlebih bila ada beberapa lokasi yang dituju, dan waktu berlibur terbatas. “Orang liburan biasanya inginnya santai. Mereka tidak mau capek dan pusing. Makanya mereka sewa mobil saja,” ujar Ferry Anthoni (46), sopir  Rental Mobil, Minggu (2/7), di Bandung.

Kenyamanan menikmati liburan merupakan kehendak para orangtua yang berlibur membawa anak-anaknya. Hal-hal yang merepotkan akan dihindari, seperti mobil mogok di jalan, lelah mengemudi, hingga kurang istirahat.

Menurut Ferry, konsumen merasa lebih aman meninggalkan mobilnya karena ada sopir yang menjaga dan mengawasi mobil selama mereka bersantai. Anggota keluarga tidak perlu bingung membaca peta mencari alamat yang dituju, sebab itu sudah menjadi tanggung jawab sopir mobil rental.

“Mereka tinggal duduk sampai tempat tujuan. Kita juga bisa antar- jemput mereka di stasiun, atau hotel, hingga ke tempat wisata. Sewa mobil bukan berarti tidak punya mobil,” ujar Ferry.

Emmy Kemisari Warman, Humas Hotel Panghegar, mengatakan, pengunjung hotel yang menyewa mobil biasanya dari luar Jakarta, seperti Palembang dan Surabaya. Mereka berangkat ke Bandung naik pesawat, dan selama di Bandung berkeliling kota untuk belanja dan wisata kuliner menggunakan mobil sewaan atau penyedia jasa sewa mobil.

Pelancong yang ingin berkeliling kota menyewa untuk enam jam saja. Tetapi jika tujuannya ke luar kota, seperti Garut, menyewa selama sehari. “Mereka merasa aman dan lebih praktis menggunakan mobil rental,” ujar Emmy. Kemudahan pemesanan menjadi salah satu jurus andalan pengusaha rental untuk meningkatkan pelayanan.  Rental Mobil, misalnya, membuka pemesanan melalui telepon dan menjemput pelanggan di kediamannya. Konsumen tidak harus membayar di gerai rental, bisa melalui sopir yang melayaninya.

“Pelayan paling utama, ditunjang sikap profesionalitas sopir mengantarkan pelanggan. Setiap keluhan konsumen harus diperhatikan,” kata Lulu Umiatun, Pegawai Pelayanan Pelanggan  Rental Mobil.

Menurut Ferry, perubahan tujuan sering dilakukan pelanggan di tengah jalan. Selama perubahan itu wajar, tidak mencurigakan, sopir melayani keinginan konsumen. Sebelum transaksi, tujuan dan lama sewa disepakati lebih dahulu.

Biaya rental di Bandung bervariasi, bergantung jenis mobil dan jarak tujuan. Umumnya sekitar Rp 250.000-Rp 500.000 per hari, termasuk sopir dan bensin. Bagi pelancong, harga bukanlah kendala untuk mendapatkan kenikmatan dan kepuasan berlibur. (Timbuktu HarThana)

Sumber : Kompas

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: